Thursday, December 19, 2013

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

8:15 PM

Selain rasanya yang enak, coklat juga dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya memberikan efek positif yang dapat mengembalikan ‘mood’ seseorang, namun coklat juga memiliki zat-zat yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Banyak dari para ahli yang merekomendasikan kita untuk makan 1 atau 2 ons coklat setiap hari. Adapun beberapa manfaat coklat bagi tubuh kita adalah sebagai berikut :


1. Menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah

Coklat hitam atau ‘Dark Coklat’ mampu menurunkan tekanan darah. Menurut studi, makan coklat hitam secara teratur dapat menurunkan kolestrol LDL hingga 10 persen.


2. Antioksidan

Flavanol yang terkandung dalam coklat bertindak sebagai antioksidan dan bisa membantu dalam menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Flavanol adalah sejenis flavanoid yakni senyawa yang terbentuk secara alamiah pada makanan nabati, dan flavanol ini hanya ditemukan pada coklat.


3. Anti-Depresi

Serotonin yang terkandung dalam coklat berfungsi sebagai anti-depresan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa coklat memperbaiki ‘mood’ yang sedang turun, menciptakan perasaan senang dan bahagia. Hal ini dikarenakan coklat mampu merangsang produksi endorfin yang dapat menciptakan perasaan-perasaan tersebut. Maka dari itu, banyak orang merasa terbantu saat mengonsumsi coklat ketika ia sedang tertekan.


4. Mencegah Kerusakan Gigi

Coklat juga mengandung senyawa theobromine yang dapat mencegah kerusakan gigi dan juga menghilangkan bakteri yang sering dijumpai dalam rongga mulut yang menyebakan rusaknya gigi.


5. Melawan Kanker

Menurut penemuan beberapa studi, coklat menjadi salah satu makanan terbaik yang dapat melawan kanker selain bawang putih, anggur merah, teh, dan blueberry. Coklat bekerja dengan cara membelah sel penghambat dan mengurangi peradangan, walaupun penelitian masih dilakukan hingga saat ini dan kemungkinan akan ditemukannya cara kerja coklat lainnya untuk melawan kanker.


6. Membuat Umur Panjang dan Mencegah Penyakit

Sebuah penelitian di Belanda yang diikuti 200 pria dengan usai diatas 20 tahun menemukan bahwa mereka yang makan coklat dalam jumlah besar hidup lebih lama dan mempunyai tingkat penyakit yang rendah dibandingkan dengan pria yang sedikit makan coklat atau tidak sama sekali. Hal ini karena coklat memiliki magnesium yang tinggi, yang mampu membantu dalam regulasi pencernaan, saraf, dan juga kardiovaskular.

Itulah beberapa manfaat coklat bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

reference : artikelkesehatan99

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

16 komentar:

  1. mencegah kerusakan gigi juga? bukannya merusak gigi mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak karena mengandung senyawa theobromine yang dapat mencegah kerusakan gigi, dan itu dilihat dari cokelatnya itu sendiri mbak kalo cokelat yang murahan mungkin bisa malah ngerusak gigi

      Delete
  2. Baru tau ya mas kalau coklat membuat panjang umur....

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, saya sering menikmati coklat ketika lagi butuh untuk refresh..dan coklat berhasil menjadi candu hehehe...

    tapi barang satu ini memang nikmat sekali bukan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mbak cokelat memang nikmat sekali, bikin ketagihan juga

      Delete
  4. Ternyata banyak juga manfaat cokelat.
    Tapi aku nggak suka cokelat.. Apa lagi coklelat hitam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang knpa mbak kok nggak suka kan banyak tuh manfaatnya :D

      Delete
  5. Kok tidak merusak gigi mas... :D??? bingung gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob karena mengandung senyawa theobromine yang dapat mencegah kerusakan gigi, dan itu dilihat dari cokelatnya itu sendiri mas kalo cokelat yang murahan mungkin bisa malah ngerusak gigi

      Delete
  6. banyak banget ya manfaat cokelat mas wih , tapi sayang nih gigi saya lagi berlobang :(

    ReplyDelete
  7. hemz,,,sayang sekali ya aku jarang makan coklat , ,\
    padahal banyak banget tuh manfaatnya

    ReplyDelete
  8. saya suka banget tu gan dengan coklat berarti bagus yaa karena baik juga untuk kesehatan, tapi saya kurang setuju dengan nomor 6 tu gan, bukan makan yang memperpanjang umur/usia kita tetapi YANG MAHA KUASA.
    thanxs sudah berbagi

    ReplyDelete
  9. wahhh ternyata cokelat banyak sekali manfatnya yah gan hehe jujur nih saya baru tahu gan :D makasiiyah tas infonya dan semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan info ini D

    ReplyDelete

BACA SEBELUM KOMENTAR :
- Berkomentarlah seadanya dan saya akan terima komentar apapun, yang penting tidak berkata kotor dan sejenisnya
- Direkomendasikan Berkomentar memakai Open ID supaya Mudah Blogwalking.
- Sobat juga bisa menjawab pertanyaan dari orang lain yang belum admin jawab.
- Jika Ada Pertanyaan Yang Belum Admin Jawab,Admin Mohon Maaf Karena Keterbatasan Pengetahuan.
- Jangan sekali-kali menggunakan link aktif/hidup karena otomatis dianggap spam/terhapus

 

© 2013 Ngampus_ID. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top